Journey Wisata, Kuliner, Beauty, Bisnis, Tekno

Olahraga di Rumah Saat Menstruasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Olahraga di Rumah Saat Menstruasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sumber: pixabay.com

Olahraga di rumah saat menstruasi sangat banyak manfaatnya. Haid bukan alasan untuk malas bergerak, termasuk olahraga. Justru dengan tetap aktif, maka proses yang terjadi di dalam tubuh akan berjalan lancar. Tidak harus ke luar rumah, beberapa gerakan yang dilakukan di dalam rumah sudah bisa membantu menjaga tubuh tetap fit.

Pada saat menstruasi, mood bisa naik turun dengan cepat. Karena itu, memilih olahraga yang dapat memicu produksi endokrin atau hormon perasaan senang sangat dianjurkan. Dengan aktif berolahraga, selain membuat tubuh tetap bugar juga menghindari gejala osteoporosis, diabetes, stroke dan radang pada sendi.

Jenis olahraga saat menstruasi

Salah satu kekhawatiran yang membuat seseorang tidak mau berolahraga adalah takut darah keluar dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan kurang nyaman serta tidak higienis. Dengan memilih jenis olahraga ringan hal tersebut bisa diminimalkan, namun tubuh tetap sehat

Sebaiknya memperhatikan kemampuan fisik. Jangan terlalu memaksakan diri jika memang karena kondisi tertentu, tidak bisa menjalankan beberapa gerakan. Kamu dapat memilih alternatif lain yang lebih sesuai. Olahraga ringan justru dapat mengurangi gejala PMS sehingga bisa tetap produktif. Beberapa pilihan untuk olahraga di rumah adalah:

1. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga dengan gerakan ringan namun baik bagi kesehatan fisik dan mental. Gerakan tersebut dapat membantu mengatur nafas dan peredaran oksigen sehingga kebutuhannya dapat terpenuhi. Sedangkan bagi mental, yoga bisa menjadikan pikiran lebih fresh, rileks dan tenang.

Manfaatnya sangat penting untuk menjaga emosional selama menstruasi. Karena efek kerja hormon tertentu, saat menstruasi seorang perempuan dapat mengalami penurunan kemampuan mengontrol emosi. Dengan melakukan yoga, maka kemampuan tersebut akan bertambah.

2. Jalan santai

Berjalan santai dari satu ruang ke lainnya dapat meningkatkan kesehatan tubuh selama masa menstruasi. Kalori yang terkumpul akan terbakar sempurna sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan kegemukan.

Berjalan kaki selama sekian menit dapat memacu jantung agar bekerja secara lebih efektif. Tulang kaki pun tetap kuat sehingga terhindar dari osteoporosis. Olahraga ringan ini pun bisa berdampak pada kesehatan organ pernapasan. Oksigen yang bersih akan masuk ke rongga paru-paru. Sedangkan zat sampah akan dikeluarkan secara sempurna.

3. Pilates

Hampir mirip dengan yoga, olahraga satu ini banyak menggunakan gerakan yang menenangkan. Gerakan pilates akan menjadikan otot rileks dan tenang. Selain ini, dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan selama menstruasi seperti kram otot dan bagian perut.

Persamaan dengan yoga lainnya adalah sama-sama melatih kekuatan otot. Meski demikian untuk menghindari cidera dan agar tetap nyaman, sebaiknya memilih jenis gerakan dan tingkatannya berdasarkan kemampuan tubuh. Karena harus menyesuaikan dengan masing-masing, intensitas maupun gerakan dengan orang lain, bisa jadi berbeda.

4. Zumba

Gerakan pada jenis olahraga Zumba dapat membakar kalori secara sempurna sehingga bisa tetap menjaga bentuk tubuh. Bukan itu saja, manfaat Zumba sangat besar untuk menjaga mood karena baik gerakan maupun musiknya berirama senang.

Untuk bisa melakukan olahraga Zumba anda tidak perlu keluar rumah dan bergabung dengan klub mahal. Saat ini banyak link di internet yang menyediakan tutorial. Selain itu, juga banyak klub online untuk melakukan olahraga bersama dengan panduan instruktur profesional

Melakukan berbagai gerakan olahraga di di rumah selama menstruasi sangat penting. Selain menjaga kesegaran tubuh dan kesehatan, juga dapat meningkatkan mood sehingga hati tetap senang dan selalu produktif.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.