Journey Wisata, Kuliner, Beauty, Bisnis, Tekno

Investasi yang Cocok Untuk Dana Pendidikan Anak  

Berbicara tentang investasi tentunya hal pertama yang akan kamu pikirkan adalah dana darurat, dana pensiun, atau bahkan dana pernikahan. Namun, tahukah kamu jika investasi untuk dana pendidikan anak juga perlu kamu persiapkan dari sekarang?

Menurut penelitian, saat ini biaya pendidikan terus meningkat 10% – 15% setiap tahunnya. Selain itu, ada juga beberapa faktor ekonomi negara yang bisa mempengaruhi kenaikan pendidikan anak di masa depan, seperti halnya faktor inflasi.

Beberapa faktor tersebut tentu tak bisa kita hindari bukan? Karenanya kamu perlu mengambil langkah investasi untuk dana pendidikan anak. Apa saja jenis investasi yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak dan apa saja kelebihannya?

Investasi Untuk Dana Pendidikan Anak

​​

Hingga kini, ada 5 jenis investasi untuk dana pendidikan anak yang tepat di antaranya, investasi deposito, reksadana, properti, emas, hingga asuransi pendidikan. Kelima jenis investasi ini tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Tanpa berlama-lama langi, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang jenis investasi untuk dana pendidikan anak dan masing-masing kelebihannya.

  1. Deposito

Deposito merupakan metode investasi yang paling umum digunakan oleh orang lain. Pasalnya metode tabungan deposito hampir sama dengan tabungan konvensional. Namun, deposito biasanya memberikan bunga 4-6% per tahun.

Tabungan deposito tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Sementara penarikan deposito hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu tergantung perjanjian.

Namun, jika merujuk pada kenaikan biaya pendidikan sebesar 10-15% per tahun, deposito belum bisa dijadikan pilihan investasi tabungan pendidikan jangka panjang. Jenis tabungan ini mungkin cocok untukmu yang mencari investasi jangka pendek saja.

  1. Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang dikelola oleh perusahaan manajemen investasi. Produk investasi ini banyak diminati beberapa tahun belakangan berkat kemudahannya. Jenis investasi reksadana bisa digunakan untuk investasi jangka panjang yang mampu memberikan hasil tinggi bahkan lebih tinggi dari kenaikan biaya pendidikan anak.

Menariknya lagi, produk reksadana bisa kamu beli kapan saja dan bisa juga dijual kapan saja. Namun, sifat likuiditasnya inilah yang membuat beberapa orang tidak cocok berinvestasi dengan reksadana.

Selain itu, keuntungan yang didapat dari investasi reksadana ini juga bersifat fluktuatif atau naik turun. Sehingga kamu tidak bisa berharap bahwa nilai reksadana yang kamu punya akan selalu bertambah.

  1. Properti

Properti merupakan salah satu jenis investasi yang paling dianggap menguntungkan sejak bertahu-tahun lamanya. Hal ini karena investasi memiliki nilai yang terus bertambah setiap tahunnya.

Mengingat nilainya yang selalu bertambah, harga untuk bisa melakukan investasi properti ini juga tidaklah murah. Pasalnya, jenis investasi ini hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki cukup dana untuk membeli sebuah aset properti.

Setelah membeli sebidang properti, baik itu tanah rumah atau apartemen. Kamu bisa menyewakannya sebagai tabungan atau biaya pendidikan anak saat ini. Selanjutnya kamu juga bisa menjualnya jika telah mendekati biaya ke perguruan tinggi.

  1. Emas

Selain properti, emas juga merupakan investasi yang dilakukan orang sejak jaman dahulu. Hal ini disebabkan karena emas memiliki harga yang relatif stabil dan terus bertambah setiap tahunnya.

Jika kamu ingin memilih emas sebagai investasi untuk dana pendidikan anak, lakukanlah dari sekarang. Ini karena emas termasuk investasi jangka panjang. Sebelum membeli emas ketahui terlebih dahulu fluktuasi harga emas saat selama 5 tahun kebelakang agar kamu bisa mempertimbangkannya dengan baik.

  1. Asuransi Pendidikan

Produk asuransi masa kini menjadi pilihan tepat yang dipercaya mampu membantu masalah keuangan banyak orang, begitupun dengan asuransi pendidikan. Dalam asuransi pendidikan anak, pemilik asuransi adalah orangtua.

Artinya, jika terjadi resiko pada orangtua, maka anak akan tetap mendapatkan dana pendidikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati tanpa membayar premi lagi. Pilihlah produk asuransi pendidikan yang menguntungkan dan terpercaya, seperti halnya Asuransi Beasiswa Ciputra yang ditawarkan Ciputra Life.

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:

  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pembayaran premi dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.

Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.

Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.