Journey Wisata, Kuliner, Beauty, Bisnis, Tekno

Penyebab Lonjakan Gula Darah Selain Makanan

Lonjakan gula darah yang umum disebutkan hiperglikemia ialah keadaan di mana kandungan glukosa pada tubuh bertambah. Keadaan ini umumnya terjadi pada pasien diabetes. Diabetes ialah penyakit yang mengakibatkan gula darah seorang jadi tinggi sekali. Ini bisa mengakibatkan beberapa kompleksitas. Karenanya, pasien diabetes harus mengatur gula darah mereka.

 

Glukosa, sumber energi utama dalam tubuh, didapat dari makanan yang kita makan. Pankreas menghasilkan hormon insulin yang menolong mengusung gula pada darah ke beberapa sel badan. Ke orang dengan diabetes type 2, pankreas kurang cukup menghasilkan insulin atau performa insulin tidak efisien hingga beberapa sel badan tidak dapat mempernyerap gula dari darah. Mengakibatkan, glukosa menimbun di darah dan mengakibatkan lonjakan gula darah.

 

Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat umumnya akan cepat tingkatkan gula darah hingga mengakibatkan kenaikan gula darah. Langkah mengetahui apa satu makanan bisa memengaruhi kandungan glukosa darah dengan memeriksa index glikemik. Nilai index glikemik tiap makanan berlainan, makin tinggi nilainya makan makin cepat tingkatkan gula darah. Beberapa makanan yang mempunyai GI rendah (di bawah 55) terhitung jagung dan ubi bagus untuk pasien diabetes.

 

Selain makanan, ada factor lain pemicu kenaikan gula darah. Apa sajakah?

 

Penyebab Kenaikan Gula Darah Selainnya Makanan

 

Penderita diabetes intinya harus waspada dalam jaga kandungan gula darah mereka. Ada banyak argumen kenapa kandungan gula darah naik naik, misalnya:

 

Kurang tidur

 

Kurang tidur dapat berpengaruh jelek untuk pasien diabetes sebab bisa tingkatkan kandungan gula darah. Sebuah riset pada pria Jepang mendapati jika mereka tidur kurang dari 6,5 jam mempunyai resiko yang semakin tinggi alami kenaikan gula darah. Karenanya, tidur memadai dan berkualitas penting untuk beberapa pasien diabetes.

 

Stres

 

Ketika alami depresi, badan menghasilkan hormon-hormon yang menyulitkan kerja insulin. Akhirnya, kandungan glukosa dalam darah akan tinggi.

 

Kurang olahraga

 

Olahraga penting untuk membantu menormalkan kandungan gula darah. Saat badan beraktivitas fisik, karena itu badan akan memakai gula di otot sebagfai energi. Tetapi, siaga tidak untuk olahraga terlampau berat karena akan tingkatkan resiko hipoglikemia, yakni keadaan di mana kandungan gula darah benar-benar rendah, di bawah 70 mg/dl. Hipoglikemia benar-benar beresiko hingga sepanjang olahraga penting untuk mengawasi kandungan gula darah.

 

Obat-obatan

 

Beberapa obat seperti kortikosteroid, diuretik, dan beberapa obat tekanan darah tinggi dan antidepressan bisa tingkatkan kandungan gula darah. Pasien diabetes harus konsultasi sama dokter saat sebelum konsumsi salah satunya obat itu.

 

Merokok

 

Merokok tidak secara langsung tingkatkan kandungan gula darah, tetapi menyulitkan badan untuk jaga supaya kandungan gula darah masih tetap konstan. Karenanya, pasien diabetes yang perokok harus hentikan kesukaannya itu.

 

Gejala Lonjakan Gula Darah

 

Biasanya, tidak ada beberapa gejala tertentu dari hiperglikemia sampai kandungan gula darahnya bertambah. Tanda-tandanya akan makin kronis makin tinggi gula darahnya. Tanda-tanda awalnya hiperglikemia ialah:

 

– Rasa haus

– Kerap buang air kecil

– Penglihatan mata kabur

– Sakit di kepala

 

Jika kandungan gula darah semakin meningkat tanpa diatasi, keton mulai dapat tercipta di darah dan urin. Hal itu akan mengakibatkan tanda-tanda yang lebih kronis, misalnya:

 

– Nafas bau buah

– Muntah dan mual

– Napas pendek

– Kulit kering

– Kecapekan

– Ketidaktahuan

 

Kalau Kamu alami beberapa gejala itu, seharusnya langsung lakukan pengujian gula darah dan mengontak dokter bila hasilnya tinggi.

 

Siapa Yang Beresiko Alami Kenaikan Gula Darah?

 

Ada beberapa faktor resiko berkaitan kenaikan gula darah, misalnya:

 

– Merokok

– Pemakaian obat diabetes yang keliru

– Kurang kegiatan

– Terserang infeksi

– Baru melalui operasi

– Memakai obat klinis tertentu

– Mempunyai depresi emosional

 

Kalau Diabestfriend alami atau mempunyai factor resiko di atas, seharusnya langsung kontrol ke dokter.

 

Langkah Tangani Kenaikan Gula Darah

 

Penderita diabetes harus terus berbicara sama dokter. Dokter akan memberi perintah-instruksi terang mengenai jumlah obat, konsumsi makanan, kegiatan, dan bagaimanakah cara memeriksa kandungan gula darah di dalam rumah. Ikuti perintah-instruksi dokter penting untuk menahan kenaikan gula darah.

 

Penderita diabetes dianjurkan teratur lakukan check kandungan gyla darah khususnya pemakai isnulin. Kelak akan bertemu alurnya, misalkan jika kenaikan gula darah terjadi tiap pagi, atau sesudah makan satu makanan. Jika demikian, pasien diabetes lebih bagus mengontak dokter untuk mengulas mengenai rekonsilasi sosis insulin. Tunjukkan catatan itu ke dokter. Jika kandungan gula darah naik tiap setelah makan, karena itu pasien diabetes dapat coba jalan kaki atau melakukan olahraga kecil.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.