Journey Wisata, Kuliner, Beauty, Bisnis, Tekno

Alasan Mengikuti Kelas Ternak Blog

Kelas ternak blog beneran ada? Eh ternyata ada lho kelas yang mengajarkan bagaimana kita beternak blog. Jadi bukan sapi atau kambing saja yang diternakkan oleh para peternak. Blog juga bisa diternakkan oleh para bloger. Dengan catatan harus konsisten ya!

Jadi pada tanggal 4 November 2021 saya mendapat kesempatan untuk mengikuti kelas ternak blog yang diadakan oleh Mas Irwin, yaitu bloger yang juga seseorang yang paham dunia SEO.

Kelas ternak blog ini merupakan  kelas perdana ya gaes dimana saya dan beberapa bloger lain mendapat kesempatan belajar dan mendapat ilmu bagaimana cara beternak blog. Adapaun tujuan diselenggarakannya kelas ini ada memberi peluang bagi para bloger untuk mendapat penghasilan yang lebih besar lagi.

Ternak blog sendiri diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan oleh bloger untuk membuat blog lebih dari satu. Tidak ada batasan dalam melakukan ternak blog. Mau memiliki blog sebanyak-banyaknya juga boleh asalkan semua blog itu terawat dengan baik.

Salah satu indikator sebuah blog terawat dengan baik adalah selalu updated memposting artikel setiap bulannya. Kalau tidak updated maka sayang sekali blog itu akan seperti rumah yang tak berpenghuni dimana akan berdebu dan penuh sarang laba-laba. Ditambah lagi blog yang tidak terawat otomatis juga tidka produktif sementara biaya menghidupinya masih berjalan. Sebut saja biaya perpanjangan domain dan hosting setiap tahunnya. Jika domain dan hosting yang kita miliki hangus maka denga mudah sebuah blog akan berpindah tangan ke pemilik baru.

Dalam kelas ternak blog kita diajarkan beberapa hal yang mungkin sudah diketahui oleh para bloger ketika memasuki dunia blogging. Beberapa hal yang diajarkan misalnya cara membeli domain, hosting dan bagaimana membuat artikel untuk beberapa blog yang kita miliki.

Lalu mengapa saya tertarik mengikuti kelas ternak blog yang digagas oleh mas Irwin, berikut alasannya:

  • Sarat akan pengetahuan

Pengetahuan tentang ilmu ngeblog itu sifatnya selalu berkembang dan sebagai bloger saya harus mau belajar terus menerus. Tentu saja ternak blog adalah hal baru sehingga kesempatan ini tak akan saya sia-siakan.

  • Kelas diadakan di grup Whatsapp dan bersifat privat

Awalnya saya membayangkan ikut kelas itu sama seperti ketika saya berada di bangku sekolah. Penuh murid dan terkadang tidak konsentrasi menerima materi pelajaran. Namun di kelas ternak blog yang diadakan oleh mas Irwin diikuti oleh bloger dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Jika ada kesulitan dalam penyampaian materi maka bloger bisa saling mendiskusikan dengan peserta lainnya di grup Whatsapp maupun dengan coachnya langsung.

  • Diberi trik bagaimana bisa mengelola blog dengan baik

Untuk trik ini tentu saja bisa kita ketahui setelah resmi menjadi peserta ternak blog sehingga tidak bisa didapat langsung. Hal ini dikarenakan kelas ini sifatnya eksklusif hanya bagi bloger yang ingin belajar serius untuk ternak blog.

Dijamin setelah mengikuti kelas ternak blog, maka kemungkinan besar keinginan untuk memperbanyak blog akan semakin besar juga.

Penutup

Demikian alasan saya mengapa tertarik mengikuti kelas ternak blog. Saya rasa setiap peserta yang sudah mengikutinya memiliki motivasi tersendiri. Bagi saya pribadi, blog itu ibarat investasi yang bisa bertambah namun jangan sesekali lalai dalam mengelolanya karena di balik itu semua ada biaya maintenance yang harus dikeluarkan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.